Office Space
Coworking Space vs Private Office, Mana yang Cocok untuk Bisnis?
Dilema bisnis tanpa kantor? Jelajahi Coworking Space vs Private Office! Temukan solusi workspace ideal yang akan meroketkan produktivitas dan pertumbuhan bisnis Anda.
2024-09-19T12:50:39
Rista Fathika
Copywriter
Membandingkan coworking space vs private office, merupakan hal yang perlu dilakukan saat hendak membuka bisnis. Padahal, kedua jenis kantor tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Di saat perkembangan bisnis di Indonesia terus berkembang, penawaran coworking spaces dan private offices sudah tidak asing lagi.
Karena itu, perusahaan baru maupun lama menjadi mulai tertarik dengannya. Akan tetapi, manakah yang lebih cocok untuk perusahaan Anda sendiri? Mengingat bahwa setiap perusahaan punya citra dan lingkungan kerja yang berbeda, perusahaan harus mengenali keduanya secara mendalam.
Apa itu Coworking Space?
Coworking space merupakan ruang yang disediakan untuk beberapa individu dari latar belakang perusahaan yang berbeda, untuk bekerja sama. Istilah ini diambil dari kata coworking itu sendiri yang artinya bekerja sama.
Lalu, mengapa individu dari perusahaan yang berbeda, dapat berkolaborasi di sebuah ruang kerja? Alasannya agar setiap individu dapat bekerjasama dalam mengembangkan ide, solusi, dan hal yang terkait.
Hal tersebut mengingat jika coworking space merupakan tempat yang umumnya, disewa perusahaan baru atau startup. Anak muda yang memulai perusahaan, dapat menambah pengalaman di coworking space.
Dengan konsep yang terbuka, coworking space mendorong interaksi dan kerjasama antar individu. Selain urusan bisnis, coworking space juga dilengkapi communal area yang dapat membantu individu membangun relasi.
Apa itu Private Office?
Juga dikenal sebagai serviced office, pengertian private office area adalah ruangan kantor yang disediakan secara privat. Artinya, private office memiliki zona yang bersifat pribadi, yang hanya diakses oleh satu perusahaan saja.
Sesuai dengan namanya, private office space didesain secara khusus untuk mengedepankan privasi perusahaan. Hal ini cocok untuk perusahaan yang memiliki data konfidensial yang tidak boleh sampai didengar pihak luar.
Kantor yang disewakan juga cenderung hanya menerima jumlah individu yang lebih sedikit, mulai dari dua orang hingga belasan. Pada desain tertentu, setiap meja kerja juga dibatasi untuk menghindari gosip di antara karyawan.
Karena itu, private office lebih dipilih oleh perusahaan yang mengedepankan privasi dan profesionalitas. Dengan meminimalkan interaksi antar karyawan, produktivitas dan tingkat konsentrasi juga akan semakin besar.
Perbedaan Coworking Space vs Private Office
Dari penjelasan di atas, dapat diketahui apa perbedaan dari dari coworking space vs private office. Namun untuk membantu perusahaan dalam menentukan coworking vs private office, berikut rangkuman keduanya:
1. Desain
Hal yang menjadi pembanding utama dari coworking vs private office, yaitu dari desain ruangan kantornya. Seperti yang sudah dibahas, coworking space memiliki desain ruangan kantor yang lebih terbuka dan leluasa.
Ditambah lagi, coworking space umumnya memberikan opsi kepada perusahaan, untuk bebas memilih tema ruangan kerja. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk membuat tampilan personalisasi yang lebih friendly.
Sementara itu, private office terkesan lebih kaku, karena memang didesain secara tertutup dan rahasia. Meski begitu, masih ada beberapa penyedia sewa private office yang memberikan layanan modifikasi bagi perusahaan.
2. Konsep
Dari namanya saja sudah jelas, bahwa coworking space dan private office dibuat dengan tujuan yang berbeda. Meski sama-sama dipakai untuk produktivitas kerja, cara pemakaiannya berbeda dari kantor konvensional.
Coworking space didesain untuk mempertemukan berbagai insan dari perusahaan yang berbeda, untuk bersama-sama menciptakan ide. Ini dianggap membantu individu untuk lebih mudah dalam mencari solusi.
Sementara itu, private office dirancang untuk digunakan oleh satu perusahaan dengan jumlah individu yang tidak begitu besar. Perusahaan mengambil kendali penuh dalam apa yang akan dilakukan pada private office.
3. Fleksibilitas
Poin selanjutnya adalah membahas tentang keleluasaan yang dirasakan saat berada di lingkungan kerja. Dalam arti, tingkat kenyamanan yang dirasakan oleh setiap individu yang mengerjakan tugasnya di kantor.
Dengan coworking space, individu akan sulit untuk berkonsentrasi karena banyaknya orang dalam satu ruangan. Meski begitu, coworking space dapat menjadi sarana yang pas bagi individu untuk mengembangkan relasi.
Sementara itu, private office akan membuat karyawan lebih fokus dengan masing-masing perannya. Kemungkinan individu yang lalai dalam tugasnya lebih rendah, dengan tempat kerja yang membatasi komunikasi.
Kenapa Private Office Lebih Cocok untuk Bisnis?
Lantas, manakah di antara coworking space vs private office yang sesuai untuk menjalankan bisnis? Private office dirasa lebih cocok dibandingkan dengan coworking space karena beberapa hal, yaitu sebagai berikut:
1. Lebih Profesional dan Formal
Hal pertama yang dibangun oleh suatu perusahaan baru yaitu citra yang formal dan profesional. Terutama untuk perusahaan yang membentuk brand dengan citra yang premium, formal, dan elegan.
Untuk mempertahankan citra tersebut, perusahaan tentu harus mempunyai kantor yang memiliki desain kelas atas. Karena itulah, perusahaan dengan kebutuhan tersebut lebih cocok menyewa private office.
Jika dilihat, coworking space memang kurang cocok dengan brand perusahaan yang profesional, dan lebih untuk perusahaan startup. Sebab, kantornya mengusung konsep trendi, yang familiar di kalangan anak muda.
2. Fasilitas yang Lebih Lengkap
Mengenai fasilitas, private office memiliki beragam layanan yang sangat lengkap untuk kebutuhan bisnis apapun. Tentunya, semakin lengkap fasilitas yang disediakan, maka harga sewanya juga akan lebih besar.
Contohnya seperti beberapa macam private office spaces di Jakarta, yang menawarkan berbagai akses untuk produktivitas individu atau tim. Adapun jenis fasilitas yang diberikan yaitu:
- Teknologi. Misalnya seperti mesin printing, scanning, hingga peralatan tambahan seperti proyektor dan layarnya. Semua perabotan dan fasilitas lain juga sudah siap untuk dipakai.
- Ruang. Misalnya seperti meeting room, ruang untuk event, dan berbagai ruang lainnya yang penting untuk perusahaan. Opsi ini dapat dipilih secara opsional.
- Layanan. Contohnya seperti layanan concierge, office boy, dan resepsionis yang diterima secara gratis atau berbayar. Perusahaan dapat tinggal fokus memajukan bisnisnya saja.
3. Biaya yang Lebih Terjangkau
Memang jika dilihat di atas kertas, coworking space memiliki biaya yang murah. Namun ternyata, private office tak kalah menawarkan harga yang lebih terjangkau, alasannya karena umumnya tidak ada biaya charge tambahan.
Yang dimaksud dengan charge yaitu biaya tambahan dari servis yang akan digunakan, seiring dengan hal yang sedang disewa. Dalam konteks ini, charge merupakan biaya tambahan dari biaya sewa kantor yang terpisah.
Private office tidak memiliki charge tambahan, karena semuanya sudah berada dalam satu paket dengan harga yang sudah ditentukan. Jika mau layanan tambahan pun, itu hanya bersifat opsional, dan dapat dihindari.
4. Keamanan yang Lebih Terjamin
Hal terakhir yang membuat private office lebih cocok, yaitu tingkat keamanan yang ditawarkan keduanya. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, private office dirancang untuk memaksimalkan privasi perusahaan.
Perusahaan yang memang memiliki data penting sebaiknya dianjurkan untuk menyewa private office. Karena tidak hanya sekedar keamanan dalam menyimpan data, namun juga keamanan dalam berkomunikasi.
Untuk keamanan komunikasi, penyedia private office umumnya juga menambah phone line dengan sistem yang mumpuni. Dengan begitu, perusahaan tidak perlu takut jika ada pihak lain yang mengakses telepon.
Singkatnya, terdapat beberapa poin dalam perbandingan antara coworking vs private office yang perlu diketahui perusahaan. Namun, perusahaan yang membuka bisnis sebaiknya memilih untuk menyewa private office.
Dengan layanan, keamanan, dan lokasi yang strategis, perusahaan akan dapat memaksimalkan produktivitas setiap individual. Hasilnya, bisnis akan lebih berkembang, sehingga perusahaan dapat memulai ekspansi kembali.
Clapham: Solusi Sewa Ruang Kantor dan Acara Anda di Medan
Apakah Anda sedang mencari ruang kerja yang tidak hanya fungsional, tetapi juga inspiratif dan mendukung pertumbuhan bisnis Anda? Clapham Collective Medan hadir sebagai solusi sempurna untuk kebutuhan ruang kerja modern Anda di jantung kota Medan.
Sejak 2015, Clapham Collective telah menjadi rumah bagi berbagai pengusaha dan kreator yang ingin melepaskan diri dari lingkungan kerja tradisional. Dengan lokasi strategis di Kompleks Ruko Centre Point Medan, kami menawarkan berbagai pilihan ruang kerja yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda!
Dilengkapi dengan fasilitas modern seperti Wi-Fi berkecepatan tinggi, layanan resepsionis, dan akses 24/7, Clapham Collective menjamin kenyamanan dan produktivitas Anda. Lebih dari sekadar ruang kerja, kami menawarkan komunitas yang dinamis dan peluang networking yang tak ternilai.
Jangan biarkan ruang kerja membatasi potensi Anda. Bersama Clapham Collective, wujudkan ruang kerja impian Anda dan capai kesuksesan bisnis yang Anda idamkan di Medan! Hubungi kami hari ini sekarang untuk mendapatkan penawaran khusus dan tur virtual.
Rista Fathika
Copywriter
Artikel Serupa
Solusi sewa ruangan kantor, private office space, dan event space di Medan untuk acara seminar atau pertemuan dengan harga murah, tersedia dalam berbagai pilihan biaya sewa mulai bulanan hingga tahunan.
Komp. Ruko Centre Point Medan Jalan Timor Blok G No. III/IV 2nd Floor, Gang Buntu, Medan Timur, Medan City, North Sumatra 20231