Business Tips
Manfaat Private Office untuk Bisnis Kecil dan Menengah
Pelajari manfaat memiliki private office untuk bisnis kecil dan menengah. Dapatkan privasi, fleksibilitas, dan efisiensi untuk memperkuat dan mendukung bisnis Anda.
2024-09-18T12:17:26
Rista Fathika
Copywriter
Memiliki ruang kerja yang sesuai dengan bisnis kecil dan menengah (UKM) sangat penting. Apalagi manfaat private office sangat besar, terutama dalam meningkatkan produktivitas. Adanya ruang kerja pribadi tentu membuat pekerja tidak mudah terganggu orang lain.
Di Indonesia kantor pribadi memang cukup populer, ini ditunjukkan dengan banyaknya jasa sewa private office. Dibandingkan dengan sewa ruko, pekerja bisa menyewa kantor pribadi dan memilih lokasi strategis. Berikut informasi dan manfaat private office:
Apa itu Kantor Pribadi?
Private office (kantor pribadi) merupakan penyewaan ruang kerja yang lebih mengutamakan privasi sebuah tim. Idealnya perusahaan atau startup menginginkan ruang kerja yang beralamat di perkotaan besar di Indonesia, contohnya Jakarta.
Private office umumnya dilengkapi dengan kursi, meja, LAN cable atau internet, filing cabinet, dan sebagainya. Jika memesannya pada jasa private office, maka pekerja bisa memesan sesuai kebutuhan bisnis kecil dan menengah (UKM).
Harga yang perlu dikeluarkan juga tergantung dari kapasitas ruangan. Dibandingkan dengan penyewaan ruko atau kantor tradisional, maka private office lebih unggul. Jika menyewa ruko, dari segi letak, tentu lebih susah mencari lokasi yang strategis.
Menyesuaikan tata ruang kerja pada ruko tentu akan lebih sulit, sebab hanya terdapat satu ruang saja. Berbeda dengan private office yang memiliki ruang kerja tertutup, sehingga membuat pegawai kantor lebih fokus bekerja untuk mencapai produktivitas.
Manfaat Kantor Pribadi untuk UKM
Private office biasanya dilengkapi dengan ruangan berkapasitas kecil, antara 2-4 orang. Meski demikian furniture yang tersedia memang disesuaikan dengan kebutuhan kantor. Berikut manfaat private office yang perlu diketahui lebih lanjut:
1. Lebih Hemat Biaya
Walaupun lokasi kantor pribadi tergolong strategis, akan tetapi private office lebih hemat biaya. Sementara pada sewa ruko layanan yang tersedia kurang lengkap, namun biayanya relatif tinggi untuk penyewaan di lokasi strategis.
Melalui budget yang dikeluarkan untuk menyewa private office, karyawan dapat merasakan furniture kantor yang sesuai. Seperti ruang atasan, lemari, meja kursi, dan seterusnya. Ini adalah salah satu manfaat private office yang harus dipertimbangkan.
Pemakaian private office lebih hemat budget dibandingkan penyewaan ruko. Dengan membayar biaya sewa saja, karyawan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk air, listrik, telepon, dan internet. Sebab, pengeluaran tersebut sudah terpangkas.
Inilah alasannya, jasa private office patut ditinjau dan dipertimbangkan kembali ketika hendak mencari kantor yang nyaman. Pemangkasan biaya tambahan merupakan salah satu dari sekian keuntungan penyewaan private office.
2. Fasilitas Kantor Sesuai
Private office memiliki fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau institusi sebagai ruang kerja yang nyaman. Bukan hanya sebatas furniture, melainkan layanan telekomunikasi dan internet yang sangat dibutuhkan untuk operasional kantor. Layanan private office juga hadir dengan memiliki ruangan meeting yang nyaman.
Lokasi yang tersedia sudah pasti tidak jauh, sehingga mudah dikunjungi karyawan melalui kendaraan pribadi. Selain itu, kapasitas ruang juga cukup memadai untuk dijadikan sebagai ruang pertemuan. Semua fasilitas yang ada di private office tentunya sudah disesuaikan dengan kebutuhan setiap kantor sehingga pegawai bisa bekerja lebih leluasa dan nyaman.
3. Memperoleh Layanan Pendukung Tanpa Tambahan Biaya
Kelebihan lain dari private office yang perlu diketahui, yaitu adanya layanan pendukung tanpa tambahan biaya. Misalnya keberadaan OB dan resepsionis. Melalui layanan tersebut, karyawan tidak perlu kesulitan untuk bertemu dengan klien atau tamu dan membersihkan kantor.
Fasilitas ini tidak membutuhkan biaya tambahan, sebab sudah termasuk pada biaya sewa private office. Layanan tersebut merupakan fasilitas tambahan yang diterima dari jasa private office. Dengan demikian, pekerjaan bisa diselesaikan dengan efisien.
Selain resepsionis dan OB, layanan tambahan lainnya berupa mail-handling dan call-handling. Kebutuhan ruang untuk meeting room juga tersedia untuk mempermudah karyawan. Semua ketersediaan layanan tersebut sudah sepaket dengan pengeluaran biaya sewa kantor.
Melalui layanan ini, networking dengan klien tidak akan terabaikan. Hubungan yang baik bersama klien akan menaikkan citra perusahaan. Selain itu, relasi dengan partner bisnis juga bisa terjalin dengan baik dan efektif.
4. Mampu Meningkatkan Produktivitas Kerja
Lain halnya dengan kantor tradisional, private office lebih memberikan jaminan kenyamanan. Terutama dalam mengutamakan privasi dari setiap karyawan yang bekerja di sana. Misalnya melalui adanya ruang kerja pribadi yang bisa dimaksimalkan.
Selama mengerjakan tugas, karyawan tidak perlu khawatir terganggu orang lain melalui adanya ruang kerja pribadi. Selain itu, masing-masing karyawan juga bebas berkreasi dalam menentukan desain yang diinginkan. Secara tidak langsung, kenyamanan ini dapat meningkatkan produktivitas.
Suasana nyaman sudah pasti akan menambah semangat bekerja. Melalui adanya private office, setiap karyawan dapat meminimalisir gangguan-gangguan dari luar dan berkonsentrasi penuh. Salah satu contohnya suara bising yang terjadi di sekitar kantor.
Di Indonesia sudah banyak contoh startup sukses yang lahir tanpa memiliki perusahaan sendiri. Sebut saja Sribu.com, perusahaan penyedia jasa desain ternama di Indonesia. Dengan dukungan private office tentu diharapkan produktivitas semakin meningkat.
5. Kantor Eksklusif dan Bergengsi
Meski beberapa pekerjaan bisa dijalankan secara online, akan tetapi aktivitas tersebut akan lebih efektif jika dilakukan dalam kantor. Sewa kantor pribadi memang membutuhkan biaya lebih banyak dibandingkan virtual office. Tetapi, keuntungan private office jauh lebih beragam.
Melalui sewa private office, karyawan mendapatkan berbagai fasilitas yang menunjang. Kantor eksklusif merupakan salah satu cara mewujudkan UKM yang bergengsi. Lokasi strategis mampu meningkatkan citra perusahaan atau institusi serta bisnis yang dikembangkan.
Fitur Kantor Pribadi
Fasilitas private office menyediakan fitur yang lengkap dan mendukung operasional bisnis. Mulai dari meeting room, jaringan internet, resepsionis, hingga alamat kantor yang bergengsi. Menggunakan private office, berarti menghemat pengeluaran.
Bekerja di dalam private office, maka karyawan tidak perlu lagi memikirkan biaya listrik, biaya pembelian peralatan, maintenance, dan sebagainya. Sebab, semuanya sudah ada dalam satu paket private office yang disewa.
Melalui layanan memadai, mobilitas karyawan menjadi lebih mudah. Sebab, menyewa private office layaknya memiliki kantor sendiri. Fitur-fitur tersebut berkontribusi dalam menciptakan lingkungan kerja yang lebih efisien serta efektif untuk UKM.
Kesimpulan
Sejatinya private office merupakan ruang kantor yang sudah lengkap dengan berbagai fasilitas. Oleh sebab itu, kantor pribadi sangat direkomendasikan bagi pengembang UKM. Berikut beberapa rincian manfaat pemakaian private office bagi suatu bisnis:
- Lebih hemat budget dibandingkan harus menyewa ruko untuk bisnis.
- Dilengkapi dengan fasilitas kantor sesuai kebutuhan pekerjaan.
- Mendapatkan layanan tambahan tanpa perlu mengeluarkan budget di luar biaya sewa.
- Penggunaan private office mampu menunjang produktivitas karyawan dengan berbagai fasilitas, seperti jaringan internet, meeting room, resepsionis, dan seterusnya.
- UKM dapat mempunyai kantor eksklusif dan memiliki riwayat bisnis bergengsi.
Fitur-fitur yang terdapat pada private office cukup beragam dan sesuai dengan kebutuhan karyawan. Private office merupakan solusi bagi pelaku UKM yang ingin membangun bisnis dengan dukungan kantor yang memadai. Itulah alasannya, private office patut dipertimbangkan.
Melalui private office, karyawan dapat bekerja senyaman mungkin tanpa memikirkan biaya tambahan. Layanan dalam private office patut menjadi alternatif yang lebih fleksibel dan terjangkau untuk UKM di Indonesia.
Demikian informasi terkait manfaat private office beserta fitur-fitur yang akan diperoleh. Apabila saat ini pembaca sedang membangun bisnis kecil dan menengah, maka private office adalah referensi kantor dengan fasilitas lengkap yang mampu mendukung operasional kerja.
Clapham: Solusi Sewa Ruang Kantor dan Acara Anda di Medan
Apakah Anda sedang mencari ruang kerja yang tidak hanya fungsional, tetapi juga inspiratif dan mendukung pertumbuhan bisnis Anda? Clapham Collective Medan hadir sebagai solusi sempurna untuk kebutuhan ruang kerja modern Anda di jantung kota Medan.
Sejak 2015, Clapham Collective telah menjadi rumah bagi berbagai pengusaha dan kreator yang ingin melepaskan diri dari lingkungan kerja tradisional. Dengan lokasi strategis di Kompleks Ruko Centre Point Medan, kami menawarkan berbagai pilihan ruang kerja yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda!
Dilengkapi dengan fasilitas modern seperti Wi-Fi berkecepatan tinggi, layanan resepsionis, dan akses 24/7, Clapham Collective menjamin kenyamanan dan produktivitas Anda. Lebih dari sekadar ruang kerja, kami menawarkan komunitas yang dinamis dan peluang networking yang tak ternilai.
Jangan biarkan ruang kerja membatasi potensi Anda. Bersama Clapham Collective, wujudkan ruang kerja impian Anda dan capai kesuksesan bisnis yang Anda idamkan di Medan! Hubungi kami hari ini sekarang untuk mendapatkan penawaran khusus dan tur virtual.
Rista Fathika
Copywriter
Artikel Serupa
Solusi sewa ruangan kantor, private office space, dan event space di Medan untuk acara seminar atau pertemuan dengan harga murah, tersedia dalam berbagai pilihan biaya sewa mulai bulanan hingga tahunan.
Komp. Ruko Centre Point Medan Jalan Timor Blok G No. III/IV 2nd Floor, Gang Buntu, Medan Timur, Medan City, North Sumatra 20231